Jumat, 13 Januari 2023

MEMBUAT FORM DI BLOG/ WEBSITE DENGAN GOOGLE FORM

Google Form  merupakan salah satu tools yang  umum digunakan untuk mengumpulkan data karena kemudahannya dibuat, mudah diakses dan menyediakan banyak jenis formulir mulai dari  jenis form short text, paragraph text, multiple choice, check list item, drop down list, dll.
 
Selain bisa ditampilkan langsung, Google Form bisa juga disematkan pada blog/ website. Sayangnya, saat disematkan pada blog/ website, seluruh tampilan Google Form masih kelihatan sehingga tidak terkesan sebagai sebuah blog/ website profesional yang memiliki formulir sendiri. Untuk itu, pada postingan kali ini, akan dijelaskan bagaimana cara memposting Google Form, tanpa menyertakan Iframe-nya sehingga tampilan formulirnya lebih elegan.

Langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut :
  1. Buat Formulir dengan Google Form
  2. Ambil HTML dari Google Form yang dibuat tanpa menyertakan Iframe-nya.
  3. Buat halaman baru pada blog/ website, paste langkah nomor 2 diatas ke postingan blog dalam mode HTML. 
  4. Tambahkan diawal script dengan script untuk redirect/ mengalihkan halaman konfirmasi pasca mengisi form, ke  halaman baru  di blog kita. 
  5. Buat sebuah halaman blog baru yang akan terbuka sementara. Copy kan script dibawah ini kedalam postingan, sesuaikan tautan untuk menuju ke halaman statis lain yang diinginkan ditampilkan setelah proses input form. 

Contoh halaman yang dibuat pada poin nomor 3 tersebut bisa dilihat disini.
Contoh halaman yang dibuat pada poin nomor 5 tersebut bisa dilihat disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar